You need to enable javaScript to run this app.

OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN

  • Jum'at, 05 Februari 2021
  • Administrator

Untuk Kamu yang ingin masuk SMK jurusan OTKP, Kamu perlu tahu apa saja yang dipelajari di jurusan ini. Beberapa mata pelajaran OTKP tidak jauh berbeda dengan jurusan lainnya, seperti bahasa Indonesia, bahasa Inggris, matematika, dan pendidikan kewarganegaraan. Selain mata pelajaran umum, Kamu juga akan belajar mata pelajaran khusus OTKP. Apa saja itu?

1. Simulasi Dan Komunikasi Digital

Yang pertama adalah Simulasi dan komunikasi digital atau disingkat SIMKOMDIG. Ini merupakan media pembelajaran yang menggunakan perangkat digital. Untuk jurusan OTKP, aplikasi yang digunakan adalah aplikasi perkantoran.

2. Ekonomi Bisnis

Yang kedua, ekonomi bisnis. Pada mata pelajaran ini, Kamu akan belajar mengenai permintaan dan penawaran, termasuk juga masalah produksi, distribusi dan konsumsi.

3. Administrasi Umum

Mata pelajaran OTKP yang berikutnya adalah administrasi umum atau dikenal dengan juga dengan Pengantar Administrasi Perkantoran. Kamu akan mendapatkan materi dasar mengenai administrasi.

4. Teknologi Perkantoran

Seiring dengan berkembangnya teknologi, urusan administrasi juga butuh menyesuaikan diri. Untuk itu, Kamu akan belajar teknologi perkantoran dan bagaimana mengoperasikannya.

5. Kearsipan

Yang tidak boleh ketinggalan adalah materi kearsipan. Ini merupakan materi penting karena nantinya pekerjaan Kamu akan berhubungan dengan berkas-berkas dan surat menyurat sehingga Kamu harus bisa menatanya dengan baik.

6. Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian

Selanjutnya adalah otomatisasi tata kelola kepegawaian. Materi ini akan Kamu butuhkan jika Kamu berkarir menjadi staf personalia yang berhubungan langsung dengan pegawai perusahaan.

7. Otomatisasi Tata Kelola Keuangan

Mata pelajaran OTKP berikutnya adalah otomatisasi tata kelola keuangan. Bukan hanya surat menyurat, Kamu juga akan belajar keuangan dasar sehingga Kamu bisa membuat laporan keuangan sederhana dan juga bisa membacanya.

8. Otomatisasi Tata Kelola Sarana Dan Prasarana

Yang kedelapan adalah otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana. Hal ini berkaitan dengan mengatur sarana prasarana kantor, mulai dari pengadaan hingga inventarisasi.

9. Otomatisasi Tata Kelola Humas Dan Keprotokolan

Yang kesembilan adalah otomatisasi tata kelola humas dan keprotokolan, misalnya menyambut tamu perusahaan, protokol pelaksanaan upacara, dan sebagainya. Kamu juga akan diajarkan bagaimana menjalin hubungan baik dengan media.

10. Produk Kreatif Dan Kewirausahaan

Terakhir adalah mata pelajaran mengenai produk kreatif dan kewirausahaan. Inti dari mata pelajaran ini adalah Kamu akan belajar mengenai kewirausahaan, perencanaan bisnis hingga menciptakan produk yang kreatif.

Kemampuan tamatan program keahlian Perkantoran adalah : 

  1. Memasuki lapangan kerja serta dapat mengembangkan sikap professional dalam lingkup keahlian Bisnis dan Manajemen, khususnya Otomatisasi Dan Tata Kelola Perkantoran.
  2. Mempu memilih karier, mampu berkompetisi dan mampu mengembangkan diri dalam lingkup keahlian Bisnis dan Manajemen, khususnya Otomatisasi Dan Tata Kelola Perkantoran.
  3. Menjadi tenga kerja tingat menengah untuk mengisi kebutuhan dunia usaha dan industri pada saat ini maupun masa yang akan datang dalam lingkup keahlian Bisnis dan Manajemen, khususnya Otomatisasi Dan Tata Kelola Perkantoran.
  4. Menjadi warga Negara yang produktif, adaptif, selektif dan kreatif.

Bidang pekerjaan yang dapat diisi oleh tamatan Perkantoran antara lain :

  • Tenaga tata usaha
  • Reseciptionis
  • Publik relation
  • Tenaga arsip
  • Customer service
  • Operator Komputer
  • Arsiparis / Agendaris
Bagikan artikel ini:
Dyah Nurhidayati R, S.Pd

- Kepala Sekolah -

Assalam mu’alaikum wr. wb. Puji syukur rahmad dan karunia Allah SWT sehingga saya mampu menuliskan kata sambutan Kepala sekolah dalam…

Berlangganan
Banner